Radio sudah ada sejak era penjajahan belanda, dimasa lalu radio sering digunakan untuk gerakan politik atau tujuan tertentu. Seiring berjalanya waktu, radio sekarang digunakan untuk komersil yang kebanyakan bertujuan untuk masyarakat minoritas / mayoritas dengan tema-tema tertentu seperti hiburan, lagu, informasi, iklan, dsb. Walaupun di era digital seperti sekarang ini, Radio masih tetap eksis. Beberapa alasan tentunya menjadi perihal stasiun radio masih beroperasi dan masih mendapat keuntungan. Berikut beberapa alasan mengapa radio masih eksis sampai sekarang ini.

1. Radio dapat mengikuti perkembangan jaman

Meskipun di era digital sekarang ini sudah banyak menggunakan aplikasi atau tren teknologi terbaru. Radio dapat mengikuti perkembangan di era ini, banyak stasiun radio yang membuat aplikasi untuk ponsel pintar anda. Tidak hanya mudah, namun gelombang signal juga membuat radio semakin mudah diputar dimana-mana.

2. Radio adalah syarat fasilitas di dalam kendaraan bermotor

Tidak bisa dipungkiri dengan semakin maju perkembangan teknologi terkadang teknologi yang sudah ada akan digantikan dengan teknologi terbaru. Walau begitu, industri segmen kendaraan bermotor masih menempatkan radio sebagai fasilitas utama di dalam produk-produk mereka. Dari segmen harga murah sampai mahal umumnya masih memiliki pemutar alat radio walaupun terkadang bentuknya divariasi dengan sentuhan layar. Di kota besar radio sangat berguna untuk menemani saat lalu lintas sedang macet. Seperti agen pemilik link alternatif sbobet di Hokipanda.net, dia menjalani perjalanan pulangnya dari bekerja dengan ditemani lagu di prambors radio. Bahkan di radio mereka memasang iklan promo untuk semakin meramaikan situs judi terutama proyek permainan sbobet yang sedang mereka kerjakan.

3. Radio sebagai ajang kreativitas

Dipersaingan antar stasiun radio, mereka berlomba secara positif. Salah satunya kreativitas tim dengan menyalurkan berbagai hiburan. Seperti contoh mereka mengadakan kuis berhadiah, mengundang artis-artis tren, memutar lagu-lagu kekinian, membahas topik-topik yang sering dijumpai sehari-hari. Selain itu mereka juga membahas tentang topik daerah untuk tetap menanam jiwa nasionalis.

4. Biaya komersil tergolong murah

Untuk mendengarkan radio itu sangatlah murah, terkadang anda bisa mendengarkan secara gratis tanpa harus membeli alat. Selain itu untuk biayar komersil seperti iklan atau sponsor juga dapat dilakukan disetiap stasiun radio. Biayanya memang bermacam-macam namun jika dibanding dengan iklan lainya seperti banner atau koran, radio termasuk lebih rendah.

5. Faktor utama adalah permintaan pemutaran lagu

Para penikmat pendengar radio pasti pernah melakukan permintaan pemutaran lagu. Lagu yang diputar juga bervariasi, lagu romantis, hip-hop, hingga terkadang meminta pemutaraan lagu dengan tujuan sindiran atau komedi. Lagu tersebut diputar dan biasa ditujukan kepada orang dan akan disebutkan namanya.